PROGRAM KOTAKU 2020

Admin Pemdes Pucang 19 Agustus 2020 08:52:23 WIB

PROGRAM KOTAKU DESA PUCANG

Hallo,

Semoga pembaca diberikan kesehatan dan rejeki yang lancar. saat ini lho, sedang dilakukan program pembangunan di Desa Pucang. Pembangunan ini dimaksudkan . untuk memperbaiki wajah dan kesan Desa Pucang. pembangunan yang dimaksud adalah program KOTAKU.

Program KOTAKU memiliki kepanjangan berupa Kota Tanpa Kumuh, bertujuan untuk mengubah wajah atau penampilan suatu daerah dari kesan kumuh. Namun, untuk saat ini, Program KOTAKU diberikan kepada desa-desa yang masih belum bebas dari kesan kumuh. KOTAKU dinaungi langsung dari Kementrian PUPR  dengan mengacu pada Keputusan Bupati Banjarnegara Nomor 050/1218 Tahun 2016 Tentang “ Penetapan Lokasi Perumahan dan Pemukiman Kumuh”, yang kemudian diawasi oleh Fasilitator di tiap-tiap basis. Untuk tahun 2020, Kota Banjarnegara mendapatkan bantuan Program KOTAKU di 3 Desa: Desa Rejasa; Desa Pucang; dan Desa Klampok.

Desa Pucang mendapatkan mandat untuk memanfaatkan dana bantuan Program KOTAKU. Dana ini digunakan untuk pembangunan yang dilaksanakan di dusun Kemusuk, tepatnya di RT 02/09, RT 01/11, RT 02/11.

Pada pelaksanaannya, Program KOTAKU di masyarakat digerakkan oleh beberapa pihak. Pihak tersebut adalah PKM, LKM, KSM, dan KPP. Para pihak tersebut nantinya akan melaksanakan realisasi pembangunan dari administrasi, dan operasional.

PKM adalah kependekan dari Peningkatan Kapasitas Masyarakat. Pihak ini yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pelatihan dan sosialisasi terhadap terlaksananya program KOTAKU. Anggota dari PKM adalah para sukarelawan yang siap melaksanakan tugas yang diberikan.

LKM memiliki arti Lembaga Keswadayaan Masyarakat. Lembaga ini bertugas dalam pelaksanan administrasi, penyerapan aspirasi, serta pengawas berjalannya program KOTAKU. Anggota LKM adalah warga masyarakat yang bersedia mengabdi pada pembangunan desa dan paham menggunakan teknologi.

KSM adalah Kelompok Swadaya Masyarkat. Adalah pelaksana program yang akan mengawasi lansung dilapangan terhadap pengerjaan bangunan, Pembelian material, dan pengawasan tenaga kerja.

KPP adalah kepanjangan dari Kelompok Pemelihara Program. Tim ini bertugas untuk merawat dan meninjau selalu hasil dari program pembangunan KOTAKU agar selali terjaga dan terawat.

            Disini dulu ya gengs. Pembahasan selanjutnya adalah LKM dan Pembentukkannya. Sampai jumpa lain waktu. 

Komentar atas PROGRAM KOTAKU 2020

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergitas Program

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kantor Desa Pucang