Pelaksanaan Fogging Di Dusun Gembirit

Admin Pemdes Pucang 24 Maret 2020 10:38:57 WIB

Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Pucang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara ada 1 orang yakni di dusun Gembirit RT 4 RW 1. Atas kejadian tersebut, Dinas Kesehatan melakukan Kegiatan pengendalian vektor Nyamuk penular DBD dengan cara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara membasmi jentik nyamuk di lingkungan tersebut dengan 3M+ (MENGURAS, MENUTUP, MENGUBUR Plus(+)  pembubuhan Larvasida/Abate. Setelah itu dilakukan Kegiatan Pengasapan (Fogging Focus) yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 13 Maret dan 20 Maret 2020 di Wilayah RW 01 di RT 03 dan RT 04, sedangkan di Wilayah RW 02 di RT 01, RT 02, RT 03 dan RT 04 Desa Pucang
Fogging dilakukan mulai jam 6 Pagi oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara yang didampingi oleh Perangkat Desa, dan Ketua RT kegiatan ini telah dilakukan 2 kali yang sukses dilaksanakan dan telah mencakup keseluruhan wilayah tersebut.

Kegiatan fogging dapat dilakukan dengan kriteria sebagai berikut:
Jika telah ditemukan penderita DBD di suatu wilayah dan merupakan penularan setempat (indigenous).

kegiatan fogging dipastikan aman untuk manusia, sebab gas untuk fogging nyamuk sudah diracik sedemikian rupa sehingga tidak membahayakan manusia atau hewan peliharaan, kandungan insektisida dalam gas tersebut sangat minim sehingga hanya mampu membunuh serangga sekecil nyamuk.

Fogging lebih diarahkan pada kegiatan penanggulangan KLB (Kejadian Luar Biasa), sedangakan pencegahan diarahkan dengan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Komentar atas Pelaksanaan Fogging Di Dusun Gembirit

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergitas Program

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kantor Desa Pucang